Minggu, 31 Maret 2019

Simbiosis dan Rantai Makanan



Powerpoint Interaktif Mengenai Simbiosis dan Rantai Makanan terdapat beberapa fitur yaitu:
  • Petunjuk yang berisi mengenai makna penggunaan ikon atau arti ikon pada powerpoint,
  • SK&KD berisi mengenai SK&KD materi pembelajaran.
  • Materi berisi mengenai menu utama pembelajaran yang terdapat penjelasan, contoh, beserta video pembelajaran,
  • Evaluasi berisi mengenai kuis atau soal seputar materi yang telah diajarkan,
  • Profil berisi mengenai tentang kreator powerpoint,
  • Sumber berisi mengenai dari mana saja materi pembelajaran diperoleh

HUBUNGAN KHAS ANTARA MAKHLUK HIDUP

Kehidupan semua makhluk hidup dapat berlangsung karena adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya. Hubungan tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Hubungan khas antar makhluk hidup seperti ini disebut simbiosis. Berikut adalah macam-macam simbiosis.

SIMBIOSIS
Simbiosis adalah pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut  Simbion.
  1. Simbiosis Mutualisme adalah pola interaksi antara dua organisme dengan jenis  yang yang berbeda  dan keduanya saling mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut.
  2. Simbiosis Komensalisme adalah pola interaksi antara dua organisme yang menguntungkan pada satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan dan tidak  dirugikan
  3. Simbiosis Parasitisme adalah pola interaksi antara dua organisme yang menguntungkan pada satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan.

RANTAI MAKANAN
Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup.
  1. Produsen merupakan kelompok pertama dari rantai makanan yang mampu menghasilkan/mensintesa makanan (bahan organik) dari bahan an organic yang biasanya terdiri atas tumbuh-tumbuhan hijau, yang mengkonversi sebagian energi dari matahari (melalui fotosintesis) melalui molekul-molekul organik yang digunakan dan disimpan dalam jaringannya.
  2. Konsumen tidak mampu mensintesa makanan sendiri, hanya mengkonsumsi makanan yang sudah jadi. Sehingga, konsumen memakan tumbuhan hijau dan juga yang memakan satu sama lain.
  3. Pengurai adalah bakteri, jamur (fungi), tumbuhan atau hewan yang memakan organisme mati dan melepaskan zat-zat organik yang dihasilkan dari organisme itu ke rantai makanan.

Evaluasi

Profil Kreator


Untuk Mendownload powerpointnya silahkan klik disini




1 komentar:

  1. Ijin mendownload, untuk dibagi ajarkan, semoga menjadi berkah

    BalasHapus